PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA BANDUNG

Firdausijah, R. Taqwaty (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (31kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (34kB)
[img] Text
ANGKET PENELITIAN.doc

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (53kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (23kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc

Download (23kB)
[img] Text
BAB 1 TESIS.doc

Download (98kB)
[img] Text
BAB 2 TESIS.doc

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung melalui 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan, yaitu : Bukti Fisik, Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati. Disain penelitian ini menggunakan metode penelitian survey eksplanatori, dengan menggunakan daftar pernyataan sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan yang mengajukan pengaduan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 95 responden. Adapun analisis data yang digunakan adalah model analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data, keseluruhan dimensi kualitas pelayanan oleh Perusahaan Daerah Air Minum Koya Bandung belum dilaksanakan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung berada pada level kurang baik, oleh karena itu dibutuhkan perbaikan kualitas pelayanan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup organisasinya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian hipotesis utama (H1) dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan telah teruji dan dan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2004
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:16
Last Modified: 11 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64263

Actions (login required)

View Item View Item