FRAMING PEMBERITAAN KOMODITI EMAS DALAM PEMBERITAAN DI MEDIA ONLINE CNBC INDONESIA DAN BISNIS.COM (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Mengenai Pemberitaan Komoditi Emas di Media Online CNBC Indonesia (cnbcinonesia.com) dan Bisnis.com).

Zaki, mr. (2023) FRAMING PEMBERITAAN KOMODITI EMAS DALAM PEMBERITAAN DI MEDIA ONLINE CNBC INDONESIA DAN BISNIS.COM (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Mengenai Pemberitaan Komoditi Emas di Media Online CNBC Indonesia (cnbcinonesia.com) dan Bisnis.com). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL FRAMING PEMBERITAAN KOMODITI EMAS DI MEDIA ONLINE.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Framing Pemberitaan Komoditi Emas di Media Online CNBC Indonesia dan Bisnis.com ini memfokuskan tentang pemberitaan komoditi emas bagaimana berita ini dikemas yang dikaitkan dengan isu negosiasi pagu negara Amerika Serikat ini dibingkai oleh media CNBC Indonesia dan Bisnis.com. CNBC Indonesia ini merupakan media yang berafiliasi dengan media CNBC International , sedangkan Bisnis.com merupakan media nasional yang berada dibawah BIG (Bisnis Indonesia Group). Kedua media hampir tiap hari memberitkan pergerakan harga emas. Berdasarkan hal tersebut penelitia memilih dua media ini, adapun berita yang dianalisis adalah pemberitaan komoditi emas selama bulan Mei 2023 . Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Framing Pemberitaan Komoditi Emas dikedua media tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptip kualitatif yang menggunakan analisis Framing Zondang Pan dan Gerald M. Kosicki yang meninjau dari sudut struktur sintaksis, skrip, tematik dan restoris. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriftif kualitatif, adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, obeservasi, dan dokumen. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembingkaian berita yang dibuat oleh CNBC Indonesia dalam pembuatan beritanya merupakan hasil dari riset atau jurnalisme data, wartawan hanya tinggal mengelaborasi data dan fakta yang ada.Pernyataan yang disisipkan dalam berita sangat jarang sekali dari tokoh yang terlibat dalam peristiwa tetapi lebih banyak menggunakan pandangan dari para analis keuangan untuk pergerakan harga emas dimasa yang akan datang. Judul yang digunakan banyak menggunakan mazas metafora ini merupakan tehnik clikbait untuk menarik perhatian pembaca. Pada CNBC Indonesia seringkali disisipkan informasi yang bersifat edukatif. Sedangkan pada Bisnis.com judul yang digunakan lebih mencerminkan pada situasi dan kondisi peristiwa dengan diperkuat dengan pernyataan dari analis keuangan. Berita yang dimuat sebagian adalah berita bersumber dari Newswire dan Kantor berita Antara yang telah diedit oleh Editor dan berita selalu ditutup dengan informasi pergerakan harga emas batangan Antam. Bisnis.com kadang kala membuat laporan langsung dari pasar komoditi emas secara langsung.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:39
Last Modified: 10 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64252

Actions (login required)

View Item View Item