PENGARUH ALAT PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN PASIEN (Suatu Survey Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas DTP Cililin)

Dewi Puspitasari, Manoviska (2023) PENGARUH ALAT PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN PASIEN (Suatu Survey Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas DTP Cililin). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
MANOVISKA DEWI PUSPITASARI 218020075.docx

Download (459kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Manoviska Dewi Puspitasari MM.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh alat pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien serta implikasinya pada kepercayaan pasien di Puskesmas DTP Cililin. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 responden dengan kriteria pasien bersedia menjadi responden, pasien berusia ≥17 tahun, peserta BPJS, pasien berstatus pasien lama dan tidak berstatus sebagai pasien darurat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah path analysis, korelasi berganda dan koefisien determinasi. Uji hipotesis yang dilakukan yaitu uji T dan uji F. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada bulan November-Desember tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat pemasaran jasa dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun secara simultan. Terdapat pengaruh kepuasan pasien memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien. Pengaruh langsung alat pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pasien adalah sebesar 0,998 atau 99,8%, sedangkan melalui kepuasan pasien sebesar 0,214 atau 21,4 %. Kata Kunci : alat pemasaran jasa, kualitas pelayanan, kepuasan pasien, kepercayaan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:58
Last Modified: 13 Jan 2024 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64250

Actions (login required)

View Item View Item