The Effect of Promotion and Price on Purchase Decision of Educational Services and Its Impact on Customer Satisfaction (Survey of Parents of SD Salman Al Farisi Students in Bandung)

Suryati, Ardini (2023) The Effect of Promotion and Price on Purchase Decision of Educational Services and Its Impact on Customer Satisfaction (Survey of Parents of SD Salman Al Farisi Students in Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel Ardini Suryati 198020108_submitfix.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan dan dampaknya pada kepuasan pelanggan (Survei pada Orang Tua Peserta Didik SD Salman Al Farisi Bandung). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi yang bermanfaat bagi pihak manajemen SD salman Al Farisi dan Yayasan Pendidikan Salman Al Farisi Bandung untuk memperhatikan faktor-faktor promosi dan harga yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian jasa dan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan verfikatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara disertai Teknik observasi dan kepustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data di lapangan dilakukan pada tahun 2023. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi menunjukkan kriteria cukup, harga dan kepuasan pelanggan menunjukkan kriteria baik, dan variabel intervening keputusan pembelian menunjukkan kriteria sangat baik. Terdapat pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan baik secara parsial dan simultan. Besarnya pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan baik secara langsung maupun tak langsung adalah 9,82%. Besarnya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan, baik secara langsung maupun tak langsung adalah 29,32%. Pengaruh promosi dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian adalah 39,14%. Serta adanya pengaruh keputusan pembelian jasa pendidikan terhadap kepuasan pelanggan di SD Salman Al Farisi Bandung sebesar 45,43%. Pada penelitian ini promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu upaya-upaya peningkatan terutama dalam kegiatan promosi dan penetapan harga agar dilakukan secara terencana, terprogram, terkendali, dan terukur oleh divisi yang ditentukan oleh pihak sekolah/Yayasan. Kata kunci: Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:13
Last Modified: 10 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64249

Actions (login required)

View Item View Item