STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA CETAK DI ERA DIGITAL (Perspektif Integrated Marketing Communication dalam Mempertahankan Oplah koran di Harian Umum Pasundan Ekspres)

Irwansyah, Iing (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA CETAK DI ERA DIGITAL (Perspektif Integrated Marketing Communication dalam Mempertahankan Oplah koran di Harian Umum Pasundan Ekspres). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL-IING IRWANSYAH.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, surat kabar menjadi salah satu komoditas bisnis yang cukup mampu bertahan meski lambat-laun mulai berjatuhan. Maka, demi terus menjaga hajat hidup suatu usaha media cetak atau surat kabar melalui salah satunya oplah koran yang konsisten, perlu menerapkan strategi khusus dalam bertahan melawan serangan media online. Focus dalam Penelitian ini Secara umum, penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui bagaimana Strategi Integrated Marketing Communications (IMC) yang dilakukan oleh Harian Umum Pasundan Ekspres. Secara khusus, penelitian ini berfokus untuk mengetahui Strategi Integrated Marketing Communications (IMC) dalam mempertahankan jumlah oplah koran harian di Pasundan Ekspres. Pertayaan penelitian ini Bagaimana strategi Integrated Marketing Communications (IMC) dalam mempertahankan jumlah oplah koran harian? Bagaimana hambatan dan penerapan strategi Integrated Marketing Communications (IMC) yang dilakukan oleh Harian Umum Pasundan Ekspres? Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran Pasundan Ekspres dalam mempertahankan oplah koran ditinjau dari Integrated Marketing Communications (IMC) sebagai berikut. Periklanan yang dilakukan oleh Pasundan Ekspres menggunakan media cetak dengan menyisipkan harga koran eceran dan langganan. Selain itu juga memanfaatkan media sosial instagram dan facebook. Kedua Humas dan Publisitas. Harian Umum Pasundan Ekspres memanfaatkan event- event untuk meningkatkan oplah koran dengan bentuk subsidi iklan. Talkshow sebagai bentuk edukasi sekaligus mempublikasikan produk koran Pasundan Ekspre., Personal Selling. Tim wartawan Pasundan Ekspres sangat berperan dalam personal Selling. Serta wartawan Pasundan Ekspres juga melakukan pemasaran langsung (direct marketing). Melalui situs website Pasundanekspres.com adalah web resmi pasundan Ekspres, dimana berita-berita dan informasi tentang oplah, pemesanan hingga transaksi bisa dilakukan di website ini. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Oplah koran, IMC, Pasundan Ekspres.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:42
Last Modified: 05 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64243

Actions (login required)

View Item View Item