MARKETING COMMUNICATION OF SMA PASUNDAN 3 BANDUNG ON INSTAGRAM (Roland Barthes Semiotics Studies on Instagram account @smapasundan3)

Setiawan, Marwan (2023) MARKETING COMMUNICATION OF SMA PASUNDAN 3 BANDUNG ON INSTAGRAM (Roland Barthes Semiotics Studies on Instagram account @smapasundan3). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL_198080014_MARWAN SETIAWAN.docx

Download (180kB)

Abstract

Setiap instansi atau lembaga harus melakukan komunikasi pemasaran supaya dapat meningkatkan pelanggannya termasuk juga SMA Pasundan 3 Bandung. Komunikasi pemasaran belakangan ini banyak dilakukan melalui media sosial salah satunya adalah Instagram. Postingan-postingan yang ada diakun Instagram merupakan bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh SMA Pasundan 3 Bandung melalui akun @smapasundan3. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi postingan-postingan di akun Instagaram SMA Pasundan 3 Bandung menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi makna denotatif, konotatif dan mitos serta menghasilkan model komunikasi pemasaran SMA Pasundan 3 Bandung di akun Instagram @smapasundan3. Melalui metode penelitian kualitatif dengan berbekal semiotika Roland Barthes peneliti berusaha untuk menganalisa beberapa postingan di akun Instagram @smapasundan3 yang menjadi tanda komunikasi pemasaran. Penelitian ini menghasilkan 3 model komunikasi pemasaran SMA Pasundan 3 Bandung di Instagram @smapasundan3 yaitu : a) Model komunikasi pemasaran prestasi, b) Model komunikasi pemasaran fasilitas, dan c) Model komunikasi pemasaran alumni. Terdapat postingan komunikasi pemasaran prestasi sebanyak 6 postingan, postingan komunikasi pemasaran fasilitas sebanyak 5 postingan dan komunikasi pemasaran alumni sebanyak 5 postingan. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Semiotika Roland Barthes, Instagram, SMA Pasundan 3 Bandung.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:30
Last Modified: 03 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64236

Actions (login required)

View Item View Item