RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN KLINIK LAIBA MEDIKA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN BPJS

Subkhi, Imam (2023) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN KLINIK LAIBA MEDIKA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN BPJS. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Imam Subkhi - MARS.doc

Download (7MB)

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu aspek penunjang yang perananannya sangat penting bagi kehidupan dan aktivitas manusia. Pada era globalisasi seperti sekarang ini, klinik menjadi suatu fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan medis dasar dan spesifik. Klinik Laiba Medika merupakan sebuah klinik rawat jalan swasta yang berada di Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon Provisi Jawa Barat. Klinik Laiba Medika baru berdiri, dan sedang diupayakan untuk dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan kondisi tersebut, saat ini jumlah karyawan yang belum cukup banyak dan pendapatan belum cukup baik, hal ini menjadi alasan diperlukannya strategi pemasaran pada klinik ini untuk dapat meningkatkan kunjungan pasien dan kapitasi BPJS nantinya. Penelitian ini dilakukan di Klinik Laiba Medika dengan menggunakan metode survey dan wawancara kepada semua pihak yang memiliki hubungan dengan kebijakan klinik. Model penelitian ini dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dapat memberikan gambaran dari suatu keadaan tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threath). Posisi strategi klinik didapatkan dari identifikasi faktor internal dan eksternal klinik Laiba Medika, kemudian dengan matriks SWOT dirumuskan strategi yang nantinya akan dipilih dan menyusun program atau kegiatan menggunakan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) guna meningkatkan jumlah kunjungan pasien dan kapitasi BPJS. Sebagai hasil penelitian ini, strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah strategi WO (Weakness-Opportunities), juga berdasarkan strategi tersebut dibuat beberapa rekomendasi program pemasaran untuk Klinik Laiba Medika yang diaplikasikan dalam jangka pendek dan jangka Panjang yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Kesehatan di Klinik Laiba Medika sehingga jumlah kunjungan pasien dan kapitasi BPJS pun akan meningkat. Kata Kunci : Klinik, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Kapitasi BPJS

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Jun 2023 03:55
Last Modified: 24 Jun 2023 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64209

Actions (login required)

View Item View Item