PENGARUH EMPATI DAN RESPONSIVENESS TERHADAP MUTU PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI SANTOSA HOSPITAL BANDUNG CENTRAL

Agustina, Nina (2023) PENGARUH EMPATI DAN RESPONSIVENESS TERHADAP MUTU PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI SANTOSA HOSPITAL BANDUNG CENTRAL. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENGARUH EMPATI DAN RESPONSIVENESS TERHADAP MUTU PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI SANTOSA.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh empati dan responsiveness terhadap mutu pelayanan serta implikasinya pada kepuasan pasien di Unit Rawat Inap Santosa Hospital Bandung Central. Hasil penelitian ini dapat memberikan data dan informasi yang bermanfaat bagi tenaga kesehatan khususnya perawat mengenai faktor faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hal ini merupakan salah satu yang harus diketahui dan diperhatikan oleh manajer keperawatan dalam peningkatan mutu pelayanan yang dapat berdampak pada kepuasan pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan ad alah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling . Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2023. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum empati, responsiveness , mutu pelayanan, dan kepuasan pasien masuk dalam kategori cukup baik. Empati dan responsiveness berpengaruh terhadap mutu pelayanan secara simultan simultan. Secara parsial, empati berpeng aruh terhadap mutu pelayanan dan kepuasan kerja sedangkan responsiveness tidak berpengaruh terhadap mutu pelayanan. Dan mutu pelayanan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci : Empati, Responsiveness , Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Jun 2023 03:47
Last Modified: 24 Jun 2023 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64206

Actions (login required)

View Item View Item