PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI PENDAPAT DAN FAKTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs AL-MA’ARIF CILAGENI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

FITRIYANTO, ANDRI (2023) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI PENDAPAT DAN FAKTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs AL-MA’ARIF CILAGENI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL ANDRI FITRIYANTO.docx

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kesulitan peserta didik dalam mengontruksi teks eksposisi dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Untuk itu, penulis mengadakan penelitian dengan menerapkan model think talk write. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dengan teknik pengumpulan data telaah pustaka, observasi, tes, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: penggunaan model pembelajaran think talk write dalam pembelajaran mengontruksi teks eksposisi berorientasi pendapat dan fakta berjalan efektif. Kemampuan mengontruksi teks eksposisi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran think talk write lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran lain. Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata-rata postes dan hasil uji independent t-test. Hasil rata-rata postes di kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan dari nilai rata-rata pretes di kelas eksperimen sebesar 59,96 dan nilai rata- rata postes sebesar 78,84. Penggunaan model pembelajaran think talk write memberikan pengaruh signifikan terhadap kualitas berpikir kritis dalam pembelajaran mengontruksi teks eksposisi berorientasi pendapat dan fakta. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi yang menunjukkan penggunaan model pembelajaran think talk write berpengaruh sebesar 13% dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05. Dengan demikian, model pembelajaran think talk write dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran mengontruksi teks eksposisi berorientasi pendapat dan fakta. Kata Kunci: Model Think Talk Write, Mengontruksi Teks Eksposisi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:32
Last Modified: 20 Jun 2023 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63959

Actions (login required)

View Item View Item