IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MANAJEMEN QOLBU DALAM RANGKA UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada CV Berkah Mulia Abadi Daarut Tauhiid Bandung )

Rohim, Abdul (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MANAJEMEN QOLBU DALAM RANGKA UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada CV Berkah Mulia Abadi Daarut Tauhiid Bandung ). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Jurnal PendKarBaku 24 hal.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya suatu perusahaan bergantung kepada karyawan. Program Pendidikan Karakter Baku di CV Berkah Mulia Abadi (BMA DT), berupa Kajian Bersama Manajemen (KBM) yang terstruktur adalah upaya untuk meningkatkan karakter baik dan kuat yang berlaku di lingkungan CV BMA DT. Program ini dilaksanakan dalam bentuk kajian manajemen berupa kelas pengajian, laporan ibadah harian, mengikuti tausiah KH Abdullah Gymnastiar diantaranya Kajian Alhikam setiap Kamis Sore, Kajian Marifatulloh setiap Kamis Malam Jumat, Kajian Tausiah untuk Santri Karya DT setiap Jumat Pagi, serta program rutin dan khusus yang diselenggarakan oleh manajemen CV BMA DT. Tujuan penelitian ini, secara umum untuk mendapatkan gambaran secara deskriftif Implementasi Pendidikan Karakter berbasis Manajemen Qolbu di sebuah perusahaan dalam upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data peneliti, untuk lebih dapat dipahami berikut akan diuraikan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut: Observasi, Wawancara, Studi Dokumen. Teknis analisis data dalam suatu penelitian kualitatif dapat digunakan deskriptif naratif, melalui tiga alur yaitu: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan simpulan/verifikasi. Peningkatan kinerja sangat jelas terasa dan terlihat dalam implementasi pendidikan karakter di BMA DT. Hal ini menjadi keuntungan bagi perusahaan juga keuntungan bagi karyawan itu sendiri. Bagi perusahaan akan meningkatkan kinerja dan produktifitas perusahaan sebab dengan karyawan yang berkarakter akan mendorong kemajuan perusahaan. Bagi karyawan sendiri, dengan meningkatnya kinerja karyawan menjadi penilaian tersendiri dan akan menjadikan modal mendapat kepercayaan dari perusahaan. Implementasi pendidikan karakter baku di BMA DT berjalan sesuai perencanaan, dikontrol secara baik, dievaluasi secara teratur, dan dikembangkan terus menerus menuju sebuah kesempurnaan untuk menghasilkan suatu keberkahan, kemuliaan, dan keabadian. Kata kunci : SDM, Pendidikan Karakter, Karakter BAKU, Implementasi, Kinerja

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:56
Last Modified: 19 Jun 2023 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63955

Actions (login required)

View Item View Item