PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR, KEBAHASAAN, DAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS GOOGLE SLIDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS 7 SMPIT CENDIKIA PURWAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fauziyah, Maulida (2023) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR, KEBAHASAAN, DAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS GOOGLE SLIDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS 7 SMPIT CENDIKIA PURWAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Tesis - Maulida Fauziyah- MPBSI 198009026.docx

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berbasis platform Google Slide untuk meningkatkan kemampuan literasi digital pada peserta didik kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran (mix method). Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas VII SMP Cendikia Purwakarta dengan Teknik pengambilan purposif. Teknik pengumpulan data utama dengan tes dan observasi.Hasil penelitian yang diperoleh yakni mengetahui signifikansi kemampuan menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VII SMP Cendikia Purwakarta yang sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan TPACK berbasis Google Slide, mengetahui peningkatan kemampuan literasi digital pada peserta didik kelas VII SMP Cendikia Purwakarta, serta mengetahui perbedaan kemampuan literasi digital antara peserta didik yang menggunakan pendekatan TPACK dan saintifik berbasis Google Slide dengan pendekatan konvensional dengan media bahan ajar PDF. Kata Kunci: menelaah, teks laporan hasil observasi, TPACK, Google Slide, literasi digital.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:57
Last Modified: 16 Jun 2023 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63933

Actions (login required)

View Item View Item