PENGGUNAAN MEDIA OPEN BROADCASTER SOFTWARE PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERFOKUS PERNYATAAN AJAKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTs SABILUNNAJAH BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

SYAH, ANDRIAN (2023) PENGGUNAAN MEDIA OPEN BROADCASTER SOFTWARE PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERFOKUS PERNYATAAN AJAKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTs SABILUNNAJAH BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel_Andrian Syah_198090022_MPBSI_PascasarjanaUnpas.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Menulis merupakan salah satu kemampuan seseorang dalam menyampaikan gagasan ke dalam sebuah tulisan. Keterampilan menulis harus dibina dan dikembangkan secara berkelanjutan khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan menulis peserta didik adalah dengan cara menulis teks persuasi berfokus pernyataan ajakan. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: penggunaan model pembelajaran inquiry dan media open broadcaster software dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pernyataan ajakan berjalan efektif; kemampuan menulis teks persuasi berfokus pernyataan ajakan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inquiry lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata-rata posttest dan hasil uji independent t-test. Hasil rata-rata posttest di kelas eksperimen sebesar 86,1 sedangkan nilai rata-rata posttest di kelas kontrol sebesar 76,4. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari nilai rata- rata pretest di kelas eksperimen sebesar 48,70 dan nilai rata-rata pretest di kelas kontrol sebesar 29,79; penggunaan model pembelajaran inquiry dan media open broadcaster software memberikan pengaruh signifikan terhadap kualitas berpikir kritis dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pernyataan ajakan. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi yang menunjukkan penggunaan model pembelajaran inquiry dan media open broadcaster software berpengaruh sebesar 12% dengan nilai signifikansi sebesar 0,677 < 0,05. Dengan demikian, model pembelajaran inquiry dan media open broadcaster software dapat dijadikan alternatif model dan media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pernyataan ajakan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Media Open Broadcaster Software, Menulis Teks Persuasi Berfokus Pernyataan Ajakan, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:12
Last Modified: 15 Jun 2023 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63919

Actions (login required)

View Item View Item