MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERORIENTASI PADA KALIMAT IMPERATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA ISLAM TERPADU NURUL WASILAH KABUPATEN BANDUNG

NANA SUPRIATNA, MUHAMMAD (2023) MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERORIENTASI PADA KALIMAT IMPERATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA ISLAM TERPADU NURUL WASILAH KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL PERPUS.docx

Download (67kB)

Abstract

Nana Supriatna, Muhammad. 2023. Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Berorientasi pada Kalimat Imperatif pan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Islam Terpadu Nurul Wasilah Kabupaten Bandung. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana. Universitas pasundan bandung. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M. Si. (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kata kunci : Teks Prosedur Komplek, Model Problem Based Learning dan Berpikir Kritis. Penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar mempunyai arti yang penting karena hal itu dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) menguji kemampuan siswa kelas x semester II dalam menulis teks prosedur komplek yang berorientasi pada kalimat imperatif dan pengaruhnya terhadap kekampuan berpikir kritis siswa di SMA Islam Nurul Wasilah Kab. Bandung; (2) mengetahui dan menganalisis hasil belajar siswa kelas x semester II dalam menulis teks prosedur kompleks yang berorientasi pada kalimat imperatif dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Islam Nurul Wasilah Kab. Bandung; (3) menguji pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan siswa kelas X semester II dalam menulis teks prosedur kompleks beroriantasi pada kalimat imperatif dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Islam Nurul Wasilah Kab. Bandung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe (quasi eksperiment one group pretest and posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Terpadu Nurul wasilah kab. Bandung. Sampel dalam penelitian ini yang dipilih adalah sebanyak satu kelas yaitu kelas X A dengan jumlah 23 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel (paired sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks prosedur kompleks berorientasi pada kalimat imperatif setelah mengunakan model problem based learning, dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran manual (ceramah). Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan dalam proses berpikir kritis siswa setelah menggunakan model problem based learning. Hasil ini menunjukan bahwa model problem based learning memberikan pengaruh terhadap peningkatan menulis teks prosedur kompleks dan berpikir kritis pada siswa kelas X SMA Islam Nurul Wasilah Kab. Bandung.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: PRESENTATION
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:36
Last Modified: 12 Jun 2023 07:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63906

Actions (login required)

View Item View Item