EVALUASI KEBIJAKAN MODEL PROGRAM PEMUTAKHIRAN PENGOLAHAN DATA PEMILIHAN UMUM (Studi Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Di Kabupaten Bandung Tahun 2018)

NURMAN SASONO, NUGROHO (2023) EVALUASI KEBIJAKAN MODEL PROGRAM PEMUTAKHIRAN PENGOLAHAN DATA PEMILIHAN UMUM (Studi Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Di Kabupaten Bandung Tahun 2018). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
NUGROHO NURMAN SASONO_makp.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu Evaluasi Kebijakan Model Program Pemutakhiran Pengolahan Data Pemilihan Umum dengan lokus di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung masih ada beberapa permasalahan dalam evauasi kebijakan pengolahan data pemilian Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Jawa Barat di KPU Kabupaten Bandung Tahun 2018. Pendektan dalam penelitian ini tentang evaluasi kebijakan dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah ilmu adminnstrasi publik Tujuan penelitian menganalisis Evaluasi Kebijakan Model Program Pemutakhiran Pengolahan Data Pemilihan Umum dengan lokus di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan secara kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Kebijakan Model Program Pemutakhiran Pengolahan Data Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung taun 2018 sudah baik akan tetapi ada beberapa kekurangan. Hal ini bisa dilihat dari penemuan yang didapat oleh peneliti melalui observasi dan wawancara. Pertama, Evaluasi Kontek Dalam pemuktahiran data pemilih masih banyak hambatan yang dimana dalam pemuktahiran data pemilih masih ada kegandaan pemilih Kedua Evaluasi Input Dimana dalam pemuktahiran data pemilih adanya coklit oleh PPDP masih banyak kendala dalam mencoklit masyarakat. Ketiga Evaluasi Proses dimana Dalam proses dilapangan untuk pengolahan data pemilih masih banyak data yang tidak sesuai. Keempat Evaluasi Produk Dimana masih banyak data yang tidak valid atau tidak sesuai dan harus di- perbaiki dan koordinasi dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil agar data sesuai. Selanjutnya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Akan menjadi hasil jangka panjang dari pemuktahiran data pemilih yaitu Memelihara data pemilih agar update dan akurat untuk persiapan pemilu pemilihan serentak yang akan datang dan juga Terwujudnya data pemilih yang komprehensif, mutakhir dan akurat. Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Model Program Pemutakhiran Pengolahan Data Pemilihan Umum

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:37
Last Modified: 08 Jun 2023 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63890

Actions (login required)

View Item View Item