PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN SELF DISCLOSURE TERHADAP SELF ESTEEM SEBAGAI BENTUK SOLUSI COMMUNICATION APPREHENSION PADA MAHASISWA EMERGING ADULT

Meysarah, Nadila Siti (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN SELF DISCLOSURE TERHADAP SELF ESTEEM SEBAGAI BENTUK SOLUSI COMMUNICATION APPREHENSION PADA MAHASISWA EMERGING ADULT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan pokok, yaitu menurunnya tingkat kepercayaan diri dan harga diri (self esteem) pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Pasundan. Hal tersebut diduga serta disebabkan karena kurang dijalankannya peran dimensi-dimensi Media Sosial TikTok dan Dimensi Self Disclosure secara menyeluruh terhadap Self Esteem mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Pasundan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif Eksplanatori, metode ini digunakan untuk menguji suatu teori atau hipotesis tentang pengaruh Media Sosial TikTok dan Self Disclosure (variabel bebas) X terhadap Self Esteem (variabel terikat) Y. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang dimana menggunakan metode Analisis Jalur (path analysis), yaitu untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Media Sosial TikTok dan Self Disclosure terhadap Self Esteem pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Pasundan, baik dilakukan secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh Media Sosial TikTok dan Self Disclosure (X) secara Simultan terhadap Self Esteem (Y) sebesar 48,8%. Sedangkan, Pengaruh Media Sosial TikTok (X₁) dalam penelitian ini terhadap Self Esteem (Y) berpengaruh signifikan sebesar 20,6%. Dan Pengaruh Self Disclosure (X₂) dalam penelitian ini terhadap Self Esteem (Y) berpengaruh signifikan sebesar 28,2%. Adapun pengaruh lain terhadap Self Esteem sebesar 51,2%. Pada kesimpulan penelitian ini didapatkan tiga poin yaitu, pertama bahwa Media Sosial TikTok secara parsial berpengaruh terhadap Self Esteem mahasiswa. Kedua, Self Disclosure secara parsial berpengaruh terhadap Self Esteem mahasiswa. Dan ketiga, bahwa Media Sosial TikTok dan Self Disclosure secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Self Esteem pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Pasundan. Kata Kunci: Komunikasi, Media Sosial, Self Disclosure, Self Esteem, TikTok.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:41
Last Modified: 07 Jun 2023 08:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63887

Actions (login required)

View Item View Item