PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MI BUSTANUL ARIPIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yusdhani, Heriyan (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MI BUSTANUL ARIPIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
yusdhani_heriyan, Author, Jurnal Heriyan Yusdhani (1).pdf

Download (0B)

Abstract

Dampak berkepanjangan Covid-19 masih menyisakan masalah dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Salah satu masalah yang dihadapi di MI Bustanul Aripin adalah kemampuan membaca permulaan dan keaktifan belajar peserta didik yang menurun sebagai akibat kebiasaan baru pembelajaran pasca Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, yaitu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan keaktifan belajar peserta didik mengunakan model pembelajaran Picture and Picture. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek penelitian peserta didik kelas 2 MI Bustanul Aripin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: Kemampuan membaca permulaan peserta didik MI Bustanul Aripin termasuk kategori Baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest membaca permulaan peserta didik di kelas eksperimen sebesar 77 dan nilai rata-rata posttest sebesar 92. Pada saat pretest terdapat 10 (47,6%) peserta didik mendapat nilai di bawah KKM dan saat posttest seluruh (100%) peserta didik mencapai KKM. Nilai rata-rata pretest di kelas kontrol sebesar 72 dan rata-rata nilai posttest sebesar 79. Saat pretest terdapat 8 (36,4%) peserta didik mendapat nilai di bawah KKM, dan saat posttest terdapat 7 (31,8%) peserta didik mendapat nilai di bawah KKM. Kelemahan peserta didik dalam membaca permulaan secara umum kekurangan pada menyuarakan tulisan, kewajaran lafal, kewajaran intonasi, kelancaran, dan kejelasan suara. Keaktifan belajar peserta didik di MI Bustanul Aripin termasuk kategori Baik. Hal ini dibuktikan pada nilai keaktifan belajar di kelas ekperimen sebelum perlakuan sebesar 76,3 (Baik) sedangkan kelas kontrol sebesar 63,8 (Baik), kemudian setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran nilai kektifan belajar kelas eksperimen menjadi 86,3 (Sangat Baik) sedangkan kontrol 70 (Baik). Model pembelajaran Picture and Picture lebih efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan keaktifan belajar dibandingkan dengan model membaca suku kata. Hal ini dibuktikan pada NGain score kelas eksperimen adalah 82,3 (efektif) sedangkan kelas kontrol adalah 61,5 (cukup efektif). Perbandingan nilai pretest dan posttest berdasarkan uji Wilcoxon adalah sebagai berikut. Kelas eksperimen 11 peserta didik nilai posttest  nilai pretest, 10 peserta didik nilai posttest = nilai pretest, dan tidak ada peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM. Kelas kontrol 13 peserta didik nilai posttest  nilai pretest, 9 peserta didik nilai posttest = nilai pretest, namun masih terdapat 7 peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM. Kata Kunci: Picture and Picture; membaca permulaan; keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:27
Last Modified: 07 Jun 2023 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63884

Actions (login required)

View Item View Item