PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 MARGAHAYU BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Helawati, Ela (2023) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 MARGAHAYU BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
198090023_Ela Helawati_MPBI_ Artikel.docx

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan dan ketidaktertarikan peserta didik menulis puisi. Hal tersebut disebabkan peserta didik kurang memahami teknik-teknik dalam menulis puisi. Selain itu peserta didik masih belum terlatih dalam mengembangkan berpikir kreatifnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis memilih media pembelajaran podcast untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 2 Margahayu dalam menulis puisi dan berpikir kreatif. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media podcast dan dampaknya terhadap kemampuan menulis puisi dan berpikir kreatif. Kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 2 Margahayu dalam menulis puisi dan berpikir kreatif dikategorikan baik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, dapat diperoleh bahwa media podcast berdampak terhadap kemampuan menulis puisi dan kemampuan berpikir kreatif. Hal ini didukung dengan perhitungan statistik. Terdapat perbedaan signifikan terhadap menulis puisi dan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan media podcast dan kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan mix method dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpukan bahwa pembelajaran menulis puisi berdampak terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu, dapat menjadi alternatif pemilihan model pembelajaran di kelas. Terbukti dari rata-rata pretest menulis puisi di kelas eksperimen memperoleh 57,69, sementara perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen memperoleh 81,92 yang menunjukkan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretest berpikir kreatif peserta didik yaitu 63,5, sementara nilai rata-rata posttest 77,66, juga menunjukkan kenaikan Kata Kunci: Berpikir kreatif, Podcast, Menulis, Puisi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:07
Last Modified: 07 Jun 2023 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63881

Actions (login required)

View Item View Item