PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU (Survey pada Guru di SMAN 1 Bandung)

Yogaswara, S Marten (2022) PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU (Survey pada Guru di SMAN 1 Bandung). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6 (2). pp. 226-231. ISSN 2549-2284

[img]
Preview
Text
6188-Article Text-26180-1-10-20221110.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu upaya investasi SDM di era globalisasi IPTEK, pendidikan menjelma sebagai kebutuhan, dalam proses pemenuhan pendidikan dan teknologi tersebut menuntut seorang guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Tujuan tersebut akan tercapai apabila manajemen organisasi sekolah memilih tenaga didik yang berpengalaman, selain itu juga memberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan dan dominan antara pelatihan, pengembangan dan pengalaman kerja terhadap kompetensi guru di SMAN 1 Bandung. Hasil Uji F pada penelitian ini menunjukkan 30.919 > 2.99, yang artinya secara simultan terdapat pengaruh signifikan yang kuat antara variabel Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi. Secara parsial hanya variabel Pelatihan dan Pengalaman Kerja yang berpengaruh terhadap Kompetensi, Hasil pada penelitian juga menunjukkan bahwa Pengalaman Kerja memiliki pengaruh dominan terhadap Kompetensi Kerja. Dampak penelitian ini diharapkan menjadi perhatian bagi setiap sekolah guna meningkatkan kompetensi guru dengan cara sesuai hasil penelitian ini. Kata kunci: pelatihan, pengembangan, pengalaman kerja, kompetensi

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 May 2023 03:25
Last Modified: 31 May 2023 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63858

Actions (login required)

View Item View Item