PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM BERBANTUKAN GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei Pada Kompetensi Dasar Konsep Ekonomi Dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X)

Yogaswara, S Marten (2022) PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM BERBANTUKAN GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei Pada Kompetensi Dasar Konsep Ekonomi Dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6 (1). pp. 30-43. ISSN 2549-2284

[img]
Preview
Text
5010-181-20264-1-10-20220107.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Pemberlakuan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) berimplikasi pada pilihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring). PJJ moda daring memunculkan permasalahan kesiapan satuan pendidikan dalam membuat Learning Management System (LMS) dengan kemampuan finansial terbatas. Umumnya pimpinan satuan pendidikan menetapkan kebijakan menggunakan aplikasi pendidikan umum. Salah satu aplikasi pendidikan umum yang banyak digunakan pada satuan pendidikan menengah adalah Google Classroom berbantukan Google Meet. Penerapan aplikasi tersebut menuntut penjelasan ilmiah, yakni seberapa besar pengaruh penerapan Google Classroom berbantukan Google Meet pada pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survai. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik pembelajaran ekonomi yang dilakukan tim peneliti. Hasil uji instrumen menunjukkan instrumen memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, dan normalitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan penerapan Google Classroom berbantukan Google Meet pada pembelajaran kompetensi dasar konsep ekonomi memberikan pengaruh sebesar 82,1% terhadap hasil belajar. Pengaruh tersebut berasal dari dimensi tujuan pembelajaran daring dan dimensi kemudahan pembelajaran daring. Kata kunci: Pembelajaran moda daring, Google Classroom berbantukan Google Meet, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 May 2023 03:21
Last Modified: 31 May 2023 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63857

Actions (login required)

View Item View Item