Yogaswara, S Marten (2019) ANALISIS PERBANDINGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 5 (2). pp. 224-240. ISSN 2614-722X
|
Text
07_93-Article Text-225-1-10-20200105.pdf Download (904kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. Dalam penelitian ini digunakan metode quasi-experimental design (eksperimen semu) yaitu jenis eksperimen yang menggunakan seluruh subjek yang utuh (intact group) untuk diberi perlakuan (treatment). Bentuk quasi eksperimental design (eksperimen semu) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Counterbalanced design. Dalam Counterbalanced Design ini menggunakan dua kelas dimana semua kelas merupakan kelas eksperimen. Perbedannya adalah terletak pada sub bahasan atau kompetensi dasar yang dilakukan disetiap kelas dengan berbeda treatment. Desain penelitian Counter balanced Design tidak menggunakan pre test tapi didalam desain ini siswa hanya diberi posttest saja sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan metode belajar problem solving dan project based learning. Kata Kunci : Problem Based Learning, Problem Solving, Berfikir kreatif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:43 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63846 |
Actions (login required)
View Item |