MODEL DIGITALISASI LAYANAN ADMINISTRASI SEKTOR PUBLIK (Studi Layanan Administrasi Anggota Legislatif pada Komisi XI Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia)

Prayuda Nugraha, Yudi (2023) MODEL DIGITALISASI LAYANAN ADMINISTRASI SEKTOR PUBLIK (Studi Layanan Administrasi Anggota Legislatif pada Komisi XI Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Yudi Prayuda Nugraha.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari belum optimalnya digitalisasi layanan administrasi Sekretariat Komisi XI DPR RI kepada Anggota legislatif pada Komisi XI DPR RI. Tujuan penelitian ini yaitu; (1) Untuk mengetahui model digitalisasi layanan administrasi anggota legislatif pada Komisi XI Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia; dan (2) Untuk mengetahui digitalisasi administrasi pada support, capacity dan value dalam layanan administrasi anggota legislatif pada Komisi XI Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan data dilakukan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan seperti observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Model digitalisasi layanan administrasi kegiatan anggota legislatif pada Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia berkaitan dengan usaha lembaga untuk menciptakan sistem administrasi yang terintegrasi dalam penyelenggaraan pemberian dukungan kepada DPR merupakan tujuan dari pelaksana reformasi birokrasi; (2) Model digitalisasi pada support menunjukan bahwa dukungan masih berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan normatif, seperti sumber daya memfokuskan pada kebutuhan rutin komisi XI dalam rangka mendukung anggota DPR. Pada sisi capacity dimana Komisi XI memiliki dukungan pada kapasitas sumber daya namun masih belum memiliki kapasitas infrastruktur teknologi informasi guna mendukung digitalisasi administrasi. Selanjutnya pada value dalam layanan administrasi kegiatan anggota legislatif pada Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia masih memfokuskan pada pemanfaatan rutin dalam pengetikan dokumen dan pelaksanaan peralatan rapat, belum menyentuh value dalam efektivitas penggunaan teknologi inforamsi admnistrasi dalam rangka efisiensi dan efektivitas. Kata Kunci: Digitalisasi Administrasi dan Layanan Administrasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 May 2023 04:41
Last Modified: 21 Oct 2023 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63829

Actions (login required)

View Item View Item