PENGARUH SALESMANSHIP SKILL TERHADAP TUJUAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Salesman di PT. Surya Medika Perkasa Cabang Bandung)

Rahmani, Restia Suci Nur (2023) PENGARUH SALESMANSHIP SKILL TERHADAP TUJUAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Salesman di PT. Surya Medika Perkasa Cabang Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 2.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

PT. Surya Medika Perkasa Cabang Bandung merupakan sebuah perusahaan distributor dari PT. Henson Farma yang bergerak pada sektor perdagangan farmasi dan mendistribusikan produk obat-obatan, diantaranya Ultraflu, Ultracap, Ultrasiline, dan Milton Pastiles Candy. Perusahaan ini didirikan di Kota Bandung, tepatnya terletak di Jl. Peta (Lingsel) Bandung – 40233 pada tahun 1995. Pada PT. Surya Medika Perkasa Cabang Bandung ditemukan suatu permasalahan yang berkaitan dengan tujuan penjualan, yaitu target penjualan yang hendak dicapai dalam waktu tertentu mengalami fluktuasi dan belum mencapai target yang diinginkan. Penyebab masalah dari kondisi penjualan tersebut karena tidak terbentuknya pendekatan yang intensif anatara salesman dengan calon pelanggan, hal tersebut menyebabkan sulitnya terbentuk minat dan motivasi calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh salesmanship skill terhadap tujuan penjualan pada salesman di PT. Surya Medika Perkasa Cabang Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terang-terangan dan tersamar (overt observation and covert observation), wawancara terstruktur, dan kuesioner. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan buku-buku, jurnal, karya ilmiah terdahulu, dan data-data di perusahaan yang berkaitan dengan pencapaian realisasi target penjualan. Kuesioner disebarkan kepada 8 orang salesman, sehingga teknik sampling dilakukan dengan metode sensus. Teknik analisis data yang digunakan dalam menghitung pengaruh salesmanship skill terhadap tujuan penjualan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, dan analisa koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa salesmanship skill memiliki pengaruh positif terhadap tujuan penjualan. Tujuan penjualan menunjukan pengaruh positif sebesar 32,1 %. Sisanya sebesar 67,9% variabel tujuan penjualan diberikan oleh faktor-faktor lain yang tidak teridentifikasi dari luar penelitian seperti: promosi, kualitas produk, dan pemberian fasilitas retur penjualan. PT. Surya Medika Perkasa Cabang Bandung dalam pelaksanaan salesmanship skill mengalami beberapa hambatan, yaitu salesman merasakan kesulitan dalam membangkitkan motivasi pembelian dan penyusunan laporan penjualan. Saran yang dapat peneliti kemukakan PT. Surya Medika Perkasa Cabang Bandung yaitu dengan cara melakukan evaluasi rutin terhadap kinerja yang dilakukan oleh salesman dalam melakukan penjualan. Hal tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi kemajuan kinerja, pencapaian, dan mengetahui hambatan yang dihadapi salesman ketika berada di lapangan. Dan melakukan training finansial secara intensif bagi salesman yang masih belum menguasai proses perhitungan keuangan dan pembayaran. Kata Kunci: Salesmanship Skill, Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 May 2023 04:22
Last Modified: 25 May 2023 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63822

Actions (login required)

View Item View Item