Siti Nurhasanah, Deti and Pertiwi Hidayati, Panca and Mulyana, Dadang (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS CERITA FABEL BERORIENTASI NILAI KARAKTER DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 9 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
DT JURNAL TESIS.doc Download (201kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam menyusun teks cerita fabel berorientasi nilai karakter dengan model Picture and Picture dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan tipe embedded design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa lembar observasi dan lembar soal pretest, posttest, dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan menyusun teks cerita fabel berorientasi nilai karakter pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Bandung sebelum dan sesudah menggunakan model Picture and Picture mengalami kenaikan yang siginifikan dari rata-rata 45,70 menjadi 75,75; (2) kemampuan menyusun teks cerita fabel berorientasi pada nilai karakter dengan menggunakan model Picture and Picture lebih baik dengan nilai rata-rata 75,75 dibandingkan dengan menggunakan metode Ekspositori dengan rata-rata 67,85; (3) kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyusun teks cerita fabel berorientasi nilai karakter pada kelas VII SMP Negeri 9 Bandung dan sesudah menggunakan model Picture and Picture mengalami kenaikan yang siginifikan dari rata-rata 43,50 menjadi 76.00; (4) kemampuan menyusun teks cerita fabel berorientasi pada nilai karakter dengan menggunakan model Picture and Picture lebih baik dengan rata-rata 76,00 dibandingkan dengan menggunakan metode Ekspositori dengan rata-rata 68,00; dan (5) penggunaan model Picture and Picture dalam pembelajaran menyusun teks cerita fabel berorientasi pada nilai karakter berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyusun teks cerita fabel berorientasi pada nilai karakter dengan nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,984. Dari output tersebut diperoleh determinasi (R square) sebesar 0,968 yang artinya bahwa pengaruh penggunaan model Picture and Picture dalam pembelajaran menyusun teks cerita fabel berorientasi pada nilai karakter adalah sebesar 96,8 %. Kata Kunci: Menyusun Teks Fabel, Model Picture and Picture, Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:07 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63817 |
Actions (login required)
View Item |