Studi Kelayakan Pengadaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) (Suatu Studi Kasus pada Rumah Sakit Immanuel Kota Bandung) Feasibility Study on Magnetic Resonance Imaging (MRI) (A Case Study at Immanuel General Hospital in Bandung City)

Setia Negara, Bima and Suryana, Popo and Hindarsah, Ida (2023) Studi Kelayakan Pengadaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) (Suatu Studi Kasus pada Rumah Sakit Immanuel Kota Bandung) Feasibility Study on Magnetic Resonance Imaging (MRI) (A Case Study at Immanuel General Hospital in Bandung City). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel_Bima Setia Negara_MM.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Salah satu rumah sakit yang telah lama berdiri di Kota Bandung dan harus menghadapi kemungkinan persaingan dari rumah sakit baru adalah Rumah Sakit Immanuel. Rumah sakit ini membutuhkan strategi positioning yang lebih baik. Salah satu yang menjadi perhatian manajemen saat ini adalah pengadaan pelayanan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Peneliti tertarik untuk mengetahui dan meneliti lebih lanjut tentang studi kelayakan pengadaan layanan MRI di Rumah Sakit Immanuel Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan ini dapat ditemukan indikator apa saja yang mempengaruhi aspek kelayakan. Dalam menentukan kelayakan dalam suatu aspek, metode analitik juga digunakan untuk membandingkan beberapa indikator dalam aspek pasar, aspek pemasaran, aspek teknik dan teknologi dan aspek sumber daya manusia. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Pearson Correlation untuk mengetahui variabel yang paling berperan dalam kelayakan suatu aspek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan layanan MRI layak ditinjau dari aspek pasar, aspek pemasaran, aspek teknik dan teknologi, aspek sumber daya manusia, aspek legal dan aspek keuangan. Indikator yang paling berperan adalah kepadatan penduduk di sekitar RS Immanuel dan trend peningkatan PDRB pada populasi cakupan RS Immanuel terhadap aspek pasar, indikator pernyataan wujud bukti fisik layanan terhadap aspek pemasaran, indikator kemampuan vendor memenuhi persyaratan gedung layanan dan kemampuan vendor memenuhi tata letak bangunan dan spesifikasi peralatan khusus berkaitan dengan layanan MRI terhadap aspek teknik dan teknologi, dan indikator kesesuaian struktur dan deskripsi organisasi pelaksana pelayanan MRI terhadap aspek sumber daya manusia. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan MRI di Rumah Sakit Immanuel layak untuk diadakan. Kata Kunci: studi kelayakan, manajemen strategik, pengadaan layanan MRI, rumah sakit

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 May 2023 03:31
Last Modified: 24 May 2023 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63808

Actions (login required)

View Item View Item