Tazhanin Aulia, Tazhanin Aulia (2023) HUBUNGAN FAKTOR RISIKO TERHADAP TERJADINYA BURNOUT PADA DOSEN UNIVERSITAS PASUNDAN SAAT PEMBELAJARAN DARING. Skripsi(S1) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
Text
TURNITIN TAZHANIN BAB I-V.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sejak tahun 2020 terjadinya pandemi, pemerintah memutuskan untuk melakukan segala aktivitas didalam ruangan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah ialah dilakukannya pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan suatu proses pemanfaataan pembelajaran menggunakan fasilitas internet. Macam dari pembelajaran daring, yaitu Synchronous dan Asynchronous. Pembelajaran daring membuat perubahan dalam kondisi kesehatan mental pasien, seperti burnout. Burnout sebagai sindrom yang dikonseptualisasi akibat stress kronis ketika sedang bekerja atau ditempat kerja. Burnout ditandai dengan tiga dimensi, yaitu kelelahan emosional, depersonalisasi, dan pencapaian pribadi. Faktor yang menyebabkan terjadinya burnout dibagi menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan internal. Gejala dari burnout meliputi emosi negatif, frustasi, depresi, masalah kesehatan baru, dan kinerja menurun. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor risiko terjadinya burnout. Pengambilan data dilakukan pada dosen Univeristas Pasundan menggunakan data primer pada 129 dosen Universitas Pasundan, desain yang dilakukan pada penelitian ini ialah cross-sectional dengan teknik simple random sampling. Penilaian burnout menggunakan kuesioner MBI yang telah disebarkan melalui google form secara online. Hasil olah data menggunakan statistik uji chi�square. Hasil penelitian menunjukan faktor risiko yang mempengaruhi terjadianya burnout ialah lama mengajar. Hasil perhitungan data menunjukan, tingkat burnout tertinggi terdapat pada pecapaian diri, sehingga dosen Universitas Pasundan termasuk dalam kategorisasi burnout rendah. Kata Kunci: Burnout, Dosen, Pembelajaran daring
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Burnout, Educator, Online Learning |
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Sarjana Kedokteran 2023 |
Depositing User: | Mr Perpustakaan FK |
Date Deposited: | 20 May 2023 06:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 07:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63799 |
Actions (login required)
View Item |