Augy Nurrahmi Pertiwi, Augy Nurrahmi Pertiwi (2023) KORELASI PERSEPSI MAHASISWA FK UNPAS ANGKATAN 2019 DAN 2020 TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA SEMESTER 3. Skripsi(S1) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
Text
TURNITIN AUGY.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sebagai pandemi pada 11 Maret 2020 di Indonesia. Kehadiran pandemi Covid-19 telah memberikan berbagai dampak bagi masyarakat, salah satunya dalam bidang Pendidikan. Pembelajaran yang semula tatap muka atau luring (luar jaringan) menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring ini memiliki banyak kendala seperti gangguan sinyal, keterbatasan kuota internet, masih awam dalam penggunaan platform pembelajaran daring, dan lain sebagainya. Pembelajaran luring dan daring adalah cara pembelajaran untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Prestasi akademik mahasiswa ditunjukkan melalui Indeks Prestasi (IP) maupun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Prestasi akademik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi persepsi mahasiswa FK Unpas Angkatan 2019 dan 2020 terhadap pembelajaran daring dengan prestasi akademik pada semester 3. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis korelatif. Variabel persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring diukur dengan menggunakan kuesioner yang telah tervalidasi. Penelitian dilakukan dengan desain cross-sectional dan pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Responden pada penelitian ini berjumlah 86 responden. Hasil analisis univariat pada variabel persepsi mahasiswa yaitu persepsi dengan kategori baik sebanyak 97,7% lebih besar dibandingkan kategori buruk yaitu hanya 2,3%. Sedangkan untuk variabel prestasi akademik yaitu indeks prestasi pada semester 3 didominasi dengan kategori sangat memuaskan sebanyak 52,3%. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji korelatif lambda menunjukkan bahwa nilai p value = 0,152 artinya p value > 0,05 maka tidak terdapat korelasi yang bermakna antara persepsi mahasiswa FK Unpas Angkatan 2019 dan 2020 terhadap pembelajaran daring dengan prestasi akademik pada semester 3. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap pembelajaran daring, indeks prestasi didominasi dengan kategori sangat memuaskan, dan tidak terdapat korelasi yang bermakna antara persesi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dengan prestasi akademik. Kata kunci: Pembelajaran daring, Persepsi Mahasiswa, Prestasi akademi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online learning, student perceptions, academic achievement |
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Sarjana Kedokteran 2023 |
Depositing User: | Mr Perpustakaan FK |
Date Deposited: | 17 May 2023 05:58 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63768 |
Actions (login required)
View Item |