ANALISIS PENJAMINAN MUTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN LULUSAN SESUAI STANDAR INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN (IASP-2020)(Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Kota Bandung)

Sudarja, Aji (2023) ANALISIS PENJAMINAN MUTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN LULUSAN SESUAI STANDAR INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN (IASP-2020)(Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL (AJI SUDARJA-198020004).pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis proses penjaminan mutu lulusan SMA Negeri 1 Bandung sesuai standar IASP-2020, (2) Mengetahui mutu lulusan SMA Negeri 1 Bandung, (3) Mengetahui kendala dan faktor penghambat yang muncul dan mencari solusi penanggulangan kendala dalam menerapkan penjaminan mutu yang dilakukan SMA Negeri 1 Bandung, (4) Merancang strategi penjaminan mutu dalam upaya meningkatkan mutu lulusan sesuai standar IASP-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus, dalam mengumpulkan data untuk penelitian ini dilakukan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen dan yang menjadi subjek penelitian (informan) adalah Ketua TPMPS, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru mata pelajaran, dan guru bimbingan konseling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) proses penjaminan mutu yang dilakukan SMA Negeri 1 Bandung terdiri dari lima tahap yaitu tahap pemetaan mutu, penyusunan rencana pemenuhan, pelaksanaan rencana pemenuhan, evaluasi/audit pelaksanaan rencana, dan penetapan standar mutu baru (2) Hasil rapor pendidikan terkait mutu lulusan SMA Negeri 1 Bandung terjadi peningkatan dari tahun 2016-2020, selain itu hasil rapor pendidikan menunjukan bahwa kemampuan literasi dan numerasi dan karakter peserta didik SMA Negeri 1 Bandung di atas rata-rata nilai nasional. (3) Masih terdapat kendala dari setiap tahap penjaminan mutu lulusan namun masih dapat di tanggulangi dengan beberapa solusi yang diberikan (4) Strategi penjaminan mutu dalam upaya peningkatan mutu lulusan sesuai standar IASP-2020 terbagi menjadi 4 strategi, yaitu strategi S-O yang memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, Strategi S-T yang memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi, Strategi W-O yang meminimalkan kelehaman untuk memanfaatkan peluang yang ada, dan Strategi W-T yang meminimalkan kelemahan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi. Kata Kunci : Mutu Lulusan, Analisis SWOT, Strategi Peningakatan Mutu Lulusan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 May 2023 08:28
Last Modified: 15 May 2023 08:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63751

Actions (login required)

View Item View Item