STRATEGI OPTIMALISASI TRANSFORMASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI SAPPK-ITB (Studi Kasus: Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (SAPPK-ITB)

Tarsiwad, Tarsiwad (2023) STRATEGI OPTIMALISASI TRANSFORMASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI SAPPK-ITB (Studi Kasus: Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (SAPPK-ITB). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS TARASIWAD NPM 208020002.doc

Download (332kB)

Abstract

Transformasi teknologi digital merupakan peralihan teknologi lama ke teknologi baru yang lebih canggih. Transformasi digital penting dalam dunia pendidikan meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi, pengembangan sumber daya manusia kompeten, berkualitas, produktif, mempermudah dan mempercepat proses belajar mengajar, komunikasi. Teknologi digital merupakan kecerdasan buatan yang berkembang pesat di dunia pendidikan mengubah cara dalam menyampaikan ilmu pengetahuan akselerasi mudah diserap berbagai ilmu pengetahuan perguruan tinggi. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah strategi optimalisasi transformasi digital untuk meningkatkan kinerja pegawai di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut, Teknologi Bandung. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dibantu dengan pedoman wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah trangulasi sumber dan metode. Kerangka analisis data yang digunakan adalah Strengths, Weakness, Opportunities, Threats. Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi optimalisasi transformasi digital untuk meningkatkan kinerja pegawai Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut, Teknologi Bandung dengan menggunakan analisis Strengths, Weakness, Opportunities, Threats diketahui bahwa transformasi digital penting dilakukan, namun sumber daya manusia yang ada belum memadai. Oleh karena itu, strategi optimalisasi transformasi digital perlu dikembangkan yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia di internal organisasi. Kata kunci: Transformasi digital, Kinerja pegawai, Strategi optimalisasi, Analisis SWOT.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 May 2023 02:49
Last Modified: 11 May 2023 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63729

Actions (login required)

View Item View Item