PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKS MA’ARIF GARUT

AZIZ RAMDANI, ABDUL (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKS MA’ARIF GARUT. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL ABDUL AZIZ RAMDANI (1).docx

Download (166kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa adalah merupakan salah satu komponen utama dalam peningkatan kualitas dan mutu Pendidikan, karena prestasi belajar merupkan hasil akhir dari proses pembelajaran yang terjadi. Permasalahan pada prestasi belajar dirasakan juga oleh SMKS Ma’arif Garut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi dari prestasi belajar, diantaranya yaitu Kinerja Guru, sedangkan Kinerja Guru dipengaruhi juga oleh Motivasi Belajar Siswa dan Sarana Prasarana Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh motivasi belajar siswa dan sarana prasarana pemeblajaran terhadap kinerja guru, serta implikasinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana metode penelitain yang digunakan adalah metode survey, metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa dan sarana prasarana pembelajaran berpengaruh terhadap kinerja guru, serta implikasinya terhadap prestasi belajar siswa di SMKS Ma’arif Garut. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kinerja guru baik pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 57,79%. Pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru baik pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 19,48%. Pengaruh total atau pengaruh secara bersama-sama (simultan) Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana berpengaruh terhadap Kinerja Guru adalah sebesar 77,20%. Sedangkan kinerja guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMKS Ma’arif Garut yaitu sebesar 64.20%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, agar prestasi belajar siswa dapat meningkat, maka kinerja guru perlu ditingkatkan lagi serta motivasi belajar siswa dan sarana prasarana pembelajaran perlu ditingkatkan dan diperbaiki.. Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Kinerja Guru, Motivasi Belajar, Sarana Prasarana Pembelajaran

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 May 2023 03:23
Last Modified: 08 May 2023 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63701

Actions (login required)

View Item View Item