ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGUKURAN KINERJA (STUDI KASUS PADA RSUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SITI FATIMAH PALEMBANG)

Nabilla, Cicka (2023) ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGUKURAN KINERJA (STUDI KASUS PADA RSUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SITI FATIMAH PALEMBANG). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel.doc

Download (578kB)

Abstract

RSUD Siti Fatimah Palembang sebagai BLUD dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Pelayanan maksimal yang dimaksud adalah memberikan pelayanan dengan optimal, efisien, dan tanpa mengutamakan keuntungan. Sebagian kinerja pelayanan RSUD Siti Fatimah sudah baik, namun sebagian lainnya belum baik seperti menekan angka kematian bersih dan angka kematian kotor. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan tinjauan terhadap kinerja RSUD Siti Fatimah menggunakan Balanced Scorecard (BSC). Model BSC terdiri dari empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi yang kemudian dilakukan triangulasi dengan observasi dan wawancara kepada manajemen serta pasien RSUD Siti Fatimah. Hasil penelitian menggunakan model BSC dapat diketahui kinerja RSUD Siti Fatimah Palembang sudah baik pada kemampuan menjaga kebersihan ruangan kerja, rumah sakit memberikan kesempatan belajar, suasana di unit kerja, dan penilaian rumah sakit sebagai tempat yang baik untuk bekerja, namun masih memiliki kelemahan terkait dengan pemberian imbalan, kesempatan dalam mengembangkan karir, penghargaan, dan belum berjalannya sistem reward & punishment dengan baik. Kata Kunci: Bisnis Internal, Keuangan, Pelanggan, Serta Pertumbuhan Dan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 May 2023 07:49
Last Modified: 05 May 2023 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63588

Actions (login required)

View Item View Item