PEMBELAJARAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS DAN DAMPAKNYATERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

MIA TALITHA, NPM. 208090019 (2023) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS DAN DAMPAKNYATERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
MIA TALITHA_MPBI - Copy.docx

Download (36kB)

Abstract

Semua siswa tentu memiliki potensi untuk menganalisis sebuah karya, termasuk menganalisis kaidah kebahasaan dalam teks biografi dengan model means-ends analysis. Model MEA diyakini penulis dapat mengembangkan cara berpikir siswa menjadi lebih berinovatif. Maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai menganalisis kaidah kebahasaan dalam teks biografi dengan metode means-ends analysis dan dampaknya terhadap berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian mixed method (metode campuran) atau kombinasi yang ditandai oleh beragam definisi yang diarahkan untuk menyatukan berbagai sudut pandang yang pernah ada. Adapun hasil penelitiannya meliputi: Pertama, terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Means End Analysis. Hal ini terbukti dari hasil tes yaitu kelas kontrol peserta didik mencapai skor rata-rata yaitu sebesar 10.805 dan standar deviasi sebesar 2.528.; Kedua, terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil tes kelas eksperimen, peserta didik mencapai skor rata-rata sebesar 12.972 dengan standar deviasi sebesar 3.108; Ketiga, Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis. Hal ini terbukti hasil skor pretes-postes. Skor rata-rata pretes pada kelas eksperimen sebesar 9.972 sedangkan skor rata-rata postes sebesar 16.667. Keempat, terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan dalam teks biografi pada peserta didik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil skor N-gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0.331 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.107. Kata Kunci: Menganalisis, Teks Biografi, Means Ends Analysis, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 May 2023 07:01
Last Modified: 02 May 2023 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63547

Actions (login required)

View Item View Item