IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA BEKASI LIBRARY ORGANIZATION POLICY IMPLEMENTATION AT THE ARCHIVES AND LIBRARY OFFICE OF BEKASI CITY

Siti Fatimah, NPM. 208010046 (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA BEKASI LIBRARY ORGANIZATION POLICY IMPLEMENTATION AT THE ARCHIVES AND LIBRARY OFFICE OF BEKASI CITY. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Siti Fatimah_makp.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan perpustakaan menjadi salah satu kebijakan pemerintah dalam upaya membangun minat baca masyarakat melalui penyediaan sumber ilmu dan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Untuk mengoptimalkan fungsi dan peranan perpustakaan sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kota Bekasi yang berliterasi tinggi serta menjadi dasar hukum dalam mengembangkan perpustakaan di Daerah Kota Bekasi secara berkualitas, terintegrasi dan berkesinambungan. Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bekasi menyusun Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan. Artikel ini bertujuan untuk melihat implementasi dan kinerja kebijakan penyelenggaraan perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bekasi. Implementasi kebijakan ini menggunakan acuan teoritis Van Meter dan Van Horn yang terdiri daru enam variabel yang mempengaruhi implementasi suatu kebijakan. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, serta dilakukan analisis sevara kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat implementasi dan kinerja kebijakan tentang penyelenggaraan perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bekasi belum berjalan dengan baik yaitu kompetensi, kapabilitas serta kuantitas SDM Disarpusda masih kurang memadai; tidak semua aparatur memahami tujuan dan sasaran kinerja dinas sehingga aparatur tersebut tidak mengetahui pekerjaan yang harus dilakukannya; Standar Operational Procedur (SOP) telah tersedia, namun tidak semua aparatur memahaminya; terdapat kendala berupa masih kurang intensitas dalam proses penyampaian informasi; terlihat tingginya tingkat mutasi pegawai yang mengakibatkan kebijakan ini kurang berjalan dengan baik. Kata kunci: Implementasi kebijakan, kebijakan perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:13
Last Modified: 21 Oct 2023 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63518

Actions (login required)

View Item View Item