Pembuatan Alat Ukur Kecepatan Gerak Pellet Jenis Portable dengan Mikrokontroller Sebagai Pengukur Selang Waktu Pencapaian Dua Posisi Pelet

Hartono, Rachmad and Sugiharto, S and Santoso, Gatot (2013) Pembuatan Alat Ukur Kecepatan Gerak Pellet Jenis Portable dengan Mikrokontroller Sebagai Pengukur Selang Waktu Pencapaian Dua Posisi Pelet. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII, 23 Oktober 2013, Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text
SNTTM XII.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://prosiding.bkstm.org/prosiding/seminar/2013

Abstract

Senapan angin kaliber kecil (4.5 mm) merupakan salah satu senapan yang digunakan untuk rekreasi berburu atau alat olah raga menembak. Produk ini sudah dibuat oleh industri kecil di kawasan Cipacing dan Cikeruh, akan tetapi kualitas produk yang dihasilkan masih rendah dan peruntukan produk masih terbatas hanya pada kebutuhan hobi atau sebatas barang souvenir saja. Rendahnya kualitas produk tersebut selain akibat keterbatasan peralatan proses, juga akibat tidak adanya standarisasi komponen, sehingga kualitas produk yang dihasilkan sangat tergantung kepada siapa pengrajin yang membuatnya. Usaha perbaikan yang telah banyak dilakukan untuk memberbaiki kualitas produk yang dihasilkan. Untuk melihat seberapa besar peningkatan kualitas senapan angin akibat beberapa usaha perbaikan yang telah dilakukan perlu dibuat alat ukur kecepatan gerak pelet yang keluar dari laras senapan angin. Proses pengukuran kecepatan gerak pellet merupakan proses akhir dalam melihat kerja tiap komponen yang sudah dibuat dalam bentuk prestasi kerja senapan dalam melontarkan pellet/pelurunya. Metoda pengukuran yang sudah dilakukan adalah metoda beda suara dan metoda lontaran. Kedua metoda ini sangat tidak efektif jika diterapkan di lokasi pengrajin. Oleh karenanya perlu dibuat alat ukur kecepatan gerak pelet yang dapat digunakan oleh para pengrajin senapan angin di lokasi pembuatan. Alat ukur ini harus dapat secara langsung menunjukkan kecepatan gerak pelet setelah proses pengukuran dilakukan. Makalah ini akan menjelaskanproses pembutan dan pengujian alat ukur kecepatan gerak pellet dengan menggunakan bantuan sensor tirai cahaya dan mikrokontroller sebagai perangkat untuk mengukur selang waktu yang diperlukan oleh suatu pelet untuk melintasi dua posisi yang berbeda.IR LED-Phototransistor digunakan sebagai sensor yang dilengkapi mikrokontroller ATMega 8535 sebagai pengendali dan pengolah data pada sistem pengukurannya. Hasil penguran selanjunya dibandingkan dengan hasil pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang berbeda (XCORT TECH).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: PROCEEDING
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2023
Depositing User: Prodi Teknik Mesin
Date Deposited: 04 May 2023 03:39
Last Modified: 04 May 2023 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63509

Actions (login required)

View Item View Item