PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bandung Tahun 2020 di Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung)

AZIZAH, WANDA AINUN (2023) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bandung Tahun 2020 di Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah mulai dari Wuhan-Tiongkok hingga penyebarannya meluas lintas negara dan benua. Pandemi Covid-19 membuat segalanya berubah di berbagai macam sektor kehidupan, salah satunya dalam pemilihan kepala daerah. Ini kali pertamanya pemilihan kepala daerah serentak yang di laksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Karena pertama kalinya mengadakan pemilihan di masa pandemi, pemerintah Indonesia terutama Kabupaten Bandung mulai siaga dalam mempersiapkan berbagai macam kebutuhan tambahan dalam pemilihan serentak ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Pemerintah Desa Jatiendah dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat Desa pada saat Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Bandung tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif, serta pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara mendalam, adapun subjek penelitian ini terdiri dari 3 aparatur Desa Jatiendah dan 7 warga Desa Jatiendah. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1). Partisipasi politik masyarakat Desa Jatiendah pada pemilihan umum Kepala Daerah Kabupaten Bandung tahun 2020 di masa pandemi Covid-19 mayoritas masyarakat tetap aktif memberikan hak suaranya dengan datang ke tempat pemilihan suara yang tersebar di beberapa titik. (2). Peran pemerintah Desa Jatiendah untuk dapat meningkatkan partisipasi politik dengan cara melakukan sosialisasi aktif dan melakukan tindakan preventif mencegah gangguan ketertibam dan keamanan masyarakat telah berhasil. (3). Pemerintah Desa Jatiendah telah melakukan upaya-upaya yang mendorong pemilihan berlangsung sukses dengan memberikan fasilitas khusus penyandang disabilitas serta mendatangi masyarakat yang sedang sakit agar tetap dapat memberikan hak suarannya. Kata Kunci: Partisipasi Politik, Pemerintah Desa, Covid-19, Masyarakat Desa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:18
Last Modified: 18 Apr 2023 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63506

Actions (login required)

View Item View Item