IMPLEMENTASI TERHADAP PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PENYANDANG DISABILITAS MENURUT UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS

Alghifari Akhmad Noor, 161000193 (2023) IMPLEMENTASI TERHADAP PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PENYANDANG DISABILITAS MENURUT UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB 2.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
I. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
J. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
K. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penyandang Disabilitas merupakan kelompok orang yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, sensorik, dan mental menyebabkan kesulitan dalam berinteraksi sosial. Undang-Undang Penyandang Disabilitas Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas tersebut mengatur hak-hak penyandang disabilitas, hak yang dipenuhi salah satunya adalah hak pendidikan, dimana meliputi pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur dan jenjang pendidikan secara inklusif dan khusus. Namun kebutuhan khusus yang di alami oleh peserta didik penyandang disabilitas pada pola segregatif turut membuka ruang diskriminatif karena adanya perbedaan perlakuan untuk memperoleh hak pendidikan. Adapun permasalahan pada penelitian ini, yaitu: bagaimana upaya pemenuhan hak pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap penyandang disabilitas didasarkan pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas?, dan apa implikasi hukum dari pengaturan pola penyelenggaran pendidikan yang segresif dan diskriminatif terhadap hak pendidikan bagi penyandang disabilitas? Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan metode yuridis normatif. Tahap Penelitian yang digunakan penelitian kepustakaan yang mengumpulkan: bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data dengan pengumpulan data kepustakaan, serta analisis data yang digunakan adalah yuridis kualitatif. Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas secara filosofis berangkat dari nilai keadilan yakni setiap peraturan harus dibentuk dalam koridor keadilan untuk mengakomodir hak yang sama dalam hal ini pendidikan bagi penyandang disabilitas. Secara sosioligis Undang-Undang Disabilitas berangkat dari perkembangan definisi dan model disabilitas dari charity dan medical ke model hak asasi manusia dalam artian penyandang disabilitas tidak lagi di pandang sebagai subjek hukum yang harus dilayani atas dasar belas kasih dan pendekatan medis akan tetapi lebih diarahkan pada persamaan hak salah satunya yakni hak pendidikan. Secara yuridis Undang-Undang Disabilitas merupakan manifestasi dari CRPD yang secara menegaskan bahwa pendidikan penyandang disabilitas merupakan hak asasi manusia. Kata kunci : hak, pendidikan, penyandang disabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:20
Last Modified: 18 Apr 2023 04:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63497

Actions (login required)

View Item View Item