KHOIRINA, YULIANTI (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) ONLINE DI UNIT INTELKAM POLRESTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan Efektivitas Pelayanan Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan salah satu aparatur Negara yang berperan dalam memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memelihara keamanan internal. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kepolisian berupaya memperbaiki dan meningkatkan pelayanan pada pembuatan SKCK dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Salah satunya saat ini sudah menerapkan program SKCK Online di Polresta Bandung, sehingga masyarakat Kabupaten Bandung saat ini jika ingin mengakses atau mendaftar bisa dilakukan secara online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh langsung melalui wawancara bersama informan, yaitu Benma Pembantu SKCK Polresta Bandung, petugas pelayanan SKCK dan masyarakat yang sedang mengurus SKCK. Data sekunder diperoleh dari dokumen penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tinjauan literatur, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data berdasarkan model analisis Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Serta pengecekaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ditinjau dari konsep Efektivitas Pelayanan Sondang P Siagian (1997:155), efektivitas pelayanan di Unit Intelkam Polresta Bandung pada Bidang Pelayanan Pembuatan SKCK Online sudah berjalan dengan baik. Pada faktor waktu pelayanan dikatakan belum efektif tapi cukup efisien, proses waktu yang tidak terlalu memakan waktu banyak dan berbelit-belit menjadikannya lebih efisien. Untuk faktor kecermatan sudah efektif mengikuti alur standar yang sudah ditetapkan. Petugas juga sudah diberikan pelatihan oleh pihak POLDA JABAR untuk memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat. Dan untuk faktor gaya pemberian pelayanan juga sudah efektif dari hasil survei yang dilakukan masyarakat merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas. Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian Online, Kepolisian Resort Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63494 |
Actions (login required)
View Item |