PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI KARAGENAN DAN KONSENTRASI TEPUNG TERIGU TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE STRAWS MULBERRY (Morus alba L.)

Syarofani, Mayang Salma (2022) PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI KARAGENAN DAN KONSENTRASI TEPUNG TERIGU TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE STRAWS MULBERRY (Morus alba L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Mayang Salma Syarofani_153020049_Teknologi Pangan.pdf

Download (645kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi karagenan dan konsentrasi tepung terigu terhadap karakteristik Edible Straws Mulberry (Morus alba L.) dan untuk mengetahui pengaruh interaksi karagenan dan tepung terigu terhadap karakteristik Edible Straws Mulberry (Morus alba L.). Maksud dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang baik dan disukai penggunanya dan untuk pemanfaatan penggunaan edible straws. Penelitian dilakukan dalam satu tahap, yaitu Penelitian Utama menggunakan metode Rancangan Percobaan Acak Kelompok yang terdiri dari 2 faktor dengan pola faktorial 3 x 3 dengan 3 kali pengulangan. Faktor konsentrasi karagenan dengan 3 taraf yaitu a1 10%, 15%, 20% dan faktor konsentrasi tepung terigu dengan 3 taraf yaitu b1 50%, 55%, 60%. Data diolah dengan Analysis of Variance (ANAVA) dan uji lanjut Duncan dengan taraf 5%. Respon yang diukur dalam penelitian ini meliputi respon kimia yaitu kadar air 5dan kadar serat kasar, serta respon organoleptik yaitu uji skala hedonik terhadap warna dan tekstur. Berdasarkan hasil penelitian konsentrasi karagenan dan konsentrasi tepung terigu berepengaruh nyata terhadap kadar air dan kadar serat kasar. Konsentrasi karagenan berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar serat, atribur warna dan atribut tekstur. Konsentrasi tepung terigu berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar serat, atribur warna dan atribut tekstur. Sampel terpilih dari hasil penelitian adalah sampel dengan konsentrasi karagenan 10% dan konsentrasi tepung terigu 50%. Produk Edible Straws Mulberry yang terpilih memiliki kadar air 11,5% dan kadar serat kasar 3.66%. Kata Kunci : Konsentrasi Karagenan, Konsentrasi Tepung Terigu, Edible Straws Mulberry

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:00
Last Modified: 18 Apr 2023 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63473

Actions (login required)

View Item View Item