PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI BERORIENTASI PENCITRAAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP YWKA BANDUNG

Zainal, Oma and Nurhayatin, Titin (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI BERORIENTASI PENCITRAAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP YWKA BANDUNG. Jurnal Garda Guru, 1 (2).

[img]
Preview
Text
17. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI BERORIENTASI PENCITRAAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP YWKA BANDUNG.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/gardagur...

Abstract

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Berorientasi Pencitraan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learnig Pada Kelas VIII SMP YWKA Bandung. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, beliau juga mengemukakan masih ada beberapa faktor yang menjadi kendala lain dalam penulisan puisi yaitu pembelajaran menulis puisi hanya dilakukan dengan teori sesuai dengan buku paket. Pendidik menjelaskan materi tentang menulis puisi kemudian memberi tugas kepada peserta didik untuk langsung praktik menulis puisi. Akibatnya peserta didik terkesan pasif, diam dan hanya mendengarkan apa yang disampikan oleh pendidik. Sejalan dengan pernyataan itu, bahwa kemampuan peserta didik mengenai materi menulis teks puisi berkaitan dengan kompetensi dasar menyajikan teks puisi masih berada di bawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sebesar 70 Data hasil belajar peserta didik kelas VIII A tahun pelajaran 2019/2020 pada kemampuan menulis teks puisi dari 34 peserta didik hanya 15 peserta didik (50 %) yang sudah mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) Salah satu model pembelajaran yang tepat dan dapat menumbuhkan minat peserta didik dalam pembelajaran Menulis teks Puisi berorientasi pencitraan yaitu menggunakan model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat memberikan hasil positif dan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa dan Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan peningkatan proses aktivitas peserta didik dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Pada siklus kesatu, nilai hasil belajar peserta didik dalam menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa hanya mencapai rata-rata 65,03 Pada siklus pertama, peserta didik yang telah mencapai Kriteria Batas Minimal (KBM) sebesar 70 sebanyak 12 orang (35,29%) dan sebanyak 22 orang ( 64,71%) belum mencapai KBM. Pada siklus kedua, nilai hasil belajar peserta didik dalam menulis teks puisi hanya mencapai rata-mencapai rata-rata 75,18. Pada siklus kedua, peserta didik yang telah mencapai Kriteria Batas Minimal (KBM) sebesar 70 sebanyak 25 orang ( 73,53%) dan sebanyak 9 orang ( 26,47%) belum mencapai KBM. Pada siklus ketiga, semua peserta didik telah mencapai KBM sebesar 70. Peningkatan nilai hasil belajar peserta didik tersebut sebagai dampak peningkatan nilai proses aktivitas belajar peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata proses belajar peserta didik mencapai nilai 2,14 siklus kedua 3,00 pada kriteria baik, dan siklus ketiga 3,80 pada kriteria sangat baik. Data tersebut menunjukkan bahwa proses belajar peserta didik dalam menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa mengalami peningkatan. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa pada peserta didik kelas VIII A SMP YWKA Bandung tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:18
Last Modified: 17 Apr 2023 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63456

Actions (login required)

View Item View Item