PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH KALIMAT KOMPLEKS DALAM TEKS TANGGAPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS IX SMP NEGERI 20 BANDUNG

Suryana, Yana and Murniati, Yati and Nurhayatin, Titin (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH KALIMAT KOMPLEKS DALAM TEKS TANGGAPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS IX SMP NEGERI 20 BANDUNG. Jurnal Garda Guru, 3 (1).

[img]
Preview
Text
16. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH KALIMAT KOMPLEKS DALAM TEKS TANGGAPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS IX SMP NEGERI 20 BANDUNG.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/gardagur...

Abstract

Tujuan penelitian yang penulis laksanakan adalah untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan aktivitas peserta didik kelas IX SMP Negeri 20 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 dan 2) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan hasil belajar menelaah kalimat kompleks pada teks tanggapan peserta didik kelas IX SMP Negeri 20 Bandung tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pelaksanaan pembelajaran siklus kesatu, nilai hasil belajar peserta didik hanya mencapai rata-rata 76,9. Peserta didik yang telah mencapai Kriteria Batas Minimal (KBM) sebesar 76 sebanyak 17 peserta didik (58,6%) dan sebanyak 12 peserta didik (41,4%) belum mencapai KBM. Pada siklus kedua, nilai hasil belajar peserta didik dalam menelaah kalimat kompleks pada teks tanggapan hanya mencapai rata-rata 77,78. Peserta didik yang telah mencapai KBM sebesar 76 sebanyak 19 peserta didik (65,5%) dan sebanyak 20 peserta didik (34,5%) belum mencapai KBM. Pada siklus ketiga, semua peserta didik telah mencapai KBM sebesar 76. Peningkatan nilai hasil belajar peserta didik tersebut sebagai dampak peningkatan nilai proses belajar peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata proses belajar peserta didik mencapai nilai 76, siklus kedua 84, dan siklus ketiga 86. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar menelaah kalimat kompleks pada teks tanggapan peserta didik kelas IX SMP Negeri 20 Bandung tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Pembelajaran, Kalimat Kompleks, Reciprocal Teaching

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:14
Last Modified: 17 Apr 2023 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63453

Actions (login required)

View Item View Item