PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA MANFAAT ENERGI DI KLS IV SDN CIPAGALO 1 BANDUNG

Nuraeni, Indri, 185060123 (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA MANFAAT ENERGI DI KLS IV SDN CIPAGALO 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BA IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA antara siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan model direct instruction pada siswa kelas IV SDN Cipagalo 1, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini yaitu Non-equevalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cipagalo 1 yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 30 orang dan siswa kelas IV C yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan instrumen tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 10 soal. Data yang diperoleh yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan model direct instruction. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yang menggunakan model Problem Based learning yaitu 30 dan skor rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 19, dapat dilihat dari uji-t nilai sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu 0.025, maka hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan hasil belajar menggunakan model problem based learning. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan model direct instruction pada siswa kelas IV SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:06
Last Modified: 17 Apr 2023 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63452

Actions (login required)

View Item View Item