PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI I BOJONGSOANGTAHUN PELAJARAN 2019/2020

Agustiani, Wanti Daryanti and Nurhayatin, Titin (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI I BOJONGSOANGTAHUN PELAJARAN 2019/2020. Garda Guru, 3 (1).

[img]
Preview
Text
12. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI I BOJONGSOANGTAHUN PELAJARAN 20192020.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/gardaguru/in...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa, melalui metode mind mapping (peta konsep). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri I Bojongsoang Kabupaten Bandung yang berjumlah 38 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) . Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, catatan lapangan, dari mulai menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan, catatan lapangan dan wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi terutama untuk siswa kelas VII-G SMP Negeri I Bojongsoang Kabupaten Bandung. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih efesien dan kondisi siswa semakin berperan aktif dalam pembelajaran sebab kegiatan belajar dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis. Kelebihan kegiatan ini adalah bersifat realistis, menumbuhkan kerjasama, dan mengedepankan kreativitas. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik menulis teks deskripsi dari mulai tindakan awal , siklus I sampai siklus 2. Kata Kunci: metode mind mapping, keterampilan menulis teks

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:48
Last Modified: 17 Apr 2023 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63444

Actions (login required)

View Item View Item