PENERAPAN MODEL PENILAIAN TEMAN SEJAWAT BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PASUNDAN

Nurhayatin, Titin (2022) PENERAPAN MODEL PENILAIAN TEMAN SEJAWAT BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PASUNDAN. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 12 (2). ISSN 2086-4795

[img]
Preview
Text
11. PENERAPAN MODEL PENILAIAN TEMAN SEJAWAT BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PASUNDAN.pdf

Download (359kB) | Preview
Official URL: https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/literasi...

Abstract

Mata Kuliah Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa di perguruan tinggi. Mata kuliah ini menjadi sumber pengembangan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air, serta pengembangan kompetensi berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Penelitian ini berangkat dari tuntutan standar lulusan dan capaian pembelajaran yang menetapkan mahasiswa harus mampu menyusun karya akademik dengan baik. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan perkuliahan yang berpusat pada mahasiswa dengan menerapkan penilaian teman sejawat berbasis portofolio. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sampel seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan yang mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia pada tahun akademik 2021/2022 sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berbasis portofolio. Portofolio yang diberikan secara terprogram, untuk melatih mahasiswa berpikir kritis, analitis, deduktif, induktif, dan reflektif dalam mewujudkan karya akademik berupa teks ulasan, teks proposal kegiatan, teks laporan kegiatan, dan teks artikel ilmiah. Melalui portofolio yang diprogramkan, diharapkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya akademik meningkat. Hasil penelitian menunjukkan, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan memiliki kemampuan yang baik dalam menulis karya akademik berupa teks ulasan buku, teks proposal kegiatan, teks laporan kegiatan, dan teks artikel. Dengan demikian, penilaian teman sejawat berbasis portofolio dapat meningkatkan kemampuan menulis akademik dengan baik. Kata Kunci: Penerapan, penilaian teman sejawat, portofolio, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:43
Last Modified: 17 Apr 2023 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63443

Actions (login required)

View Item View Item