PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG

Nurhayatin, Titin and Rustandi, Adi and Nugraha, Eggie and Kusmini, Anne (2020) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6 (2). ISSN 2614-722X

[img]
Preview
Text
8. PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG.pdf

Download (262kB) | Preview
Official URL: http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didakti...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran yang masih belum optimal baik proses maupun hasil belajar. Oleh karena itu, kami melakukan penelitian untuk mengaplikasikan lesson study dengan menggunakan metode Cooperative Learning dalam Bahasa Indonesia, dalam menulis iklan, slogan, dan teks poster pada siswa kelas VIII di SMP Pasundan 2 Bandung. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan kreativitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMP Pasundan 2 Bandung Kelas VIII C. Penelitian ini merupakan implementasi dari rencana, lakukan dan lihat. Validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study dengan metode Cooperative Learning dilaksanakan sesuai dengan tahapan dalam lesson study yaitu plan, do and see. Lesson study menjadikan proses perencanaan pembelajaran lebih matang sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran model dosen merasa lebih siap. Lesson Study dapat secara efektif meningkatkan kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil. Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang diujikan pada rata-rata peningkatan yang signifikan. Begitu pula dalam prosesnya, berdasarkan observasi yang dilakukan, aktivitas dan kreativitas siswa SMP Pasundan 2 Bandung meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study dengan pembelajaran kooperatif efektif meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar siswa di SMP Pasundan 2 Bandung secara signifikan. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, lesson study, teks, iklan, poster, slogan

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:30
Last Modified: 17 Apr 2023 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63437

Actions (login required)

View Item View Item