IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PERKULIAHAN TEORI & PRAKTIK PEMBELAJARAN MENYIMAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI, AKTIVITAS, DAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNPAS TAHUN AKADEMIK 2019-2020

Nurhayatin, Titin and Triandy, Rendy (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PERKULIAHAN TEORI & PRAKTIK PEMBELAJARAN MENYIMAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI, AKTIVITAS, DAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNPAS TAHUN AKADEMIK 2019-2020. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 5 (2). ISSN 2614 – 722X

[img]
Preview
Text
7. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PERKULIAHAN TEORI & PRAKTIK PEMBELAJARAN MENYIMAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI, AKTIVITAS, DAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didakti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran cooperative script dalam perkuliahan Teori & Praktik Pembelajaran Menyimak sebagai upaya peningkatan prestasi, aktivitas, dan keterampilan berbicara mahasiswa. Keterampilan menyimak salah satu keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai mahasiswa, sehinnga dibutuhkan strategi atau model pembelajaran yang tepat dalam penerapannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpas. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpas. Berdasarakan hasil olah data menggunakan aplikasi SPSS 25 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu, dapat diartikan bahwa hasil belajar, aktivitas, dan keterampilan berbicara mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpas meningkat dalam perkuliahan Teori dan Praktik Pembelajaran Menyimak menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Cooperative Script.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:25
Last Modified: 17 Apr 2023 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63435

Actions (login required)

View Item View Item