ANALISIS KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Nurhayatin, Titin and Inggriyani, Feby and Ahmad, Arifin (2018) ANALISIS KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 4 (1). ISSN 2503-0558

[img]
Preview
Text
5. ANALISIS KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KALIMAT.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/index

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat dalam makalah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa 25 makalah yang ditulis oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun akademik 2016/2017. Teknik pengumpulkan data menggunakan dokumentatif, sedangkan teknik analisis data menggunakan prosedur kerja analisis kesalahan berbahasa yang meliputi, identifikasi data, klasifikasi data, dan penentuan frekuensi kesalahan, serta menyajikan perbaikannya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 94 kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan dalam aspek struktur kalimat 24,7%, kesejajaran 16,5%, ejaan 26,8%, diksi 23,7%, dan kelogisan 5,32 %. Kesalahan terbanyak dalam penggunaan kalimat efektif terdapat pada kesalahan penggunaan struktur kalimat, ejaan, dan diksi. Oleh karena itu, perlu upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi kesalahan penggunaaan kalimat dengan membaca buku tata bahasa atau PUEBI, kamus, dan buku-buku penunjang lainnya. Selain itu, hasil penelitian ini berimplikasi pada perbaikan bahan ajar bahasa Indonesia dan teknik penyajian dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: kalimat efektif, karya tulis ilimiah, mahasiswa

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:15
Last Modified: 17 Apr 2023 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63433

Actions (login required)

View Item View Item