DUKUNGAN SOSIAL TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) KEPADA PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI (PRSE) DI DESA CINUNUK KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG

Ramadhanti, Nisrina Nur (2023) DUKUNGAN SOSIAL TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) KEPADA PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI (PRSE) DI DESA CINUNUK KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi Skripsi Niniss (1).pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ninis skripsi (2).pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Nisrina.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Nisrina.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa Skripsi Nisrina.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ninis skripsi.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ninis skripsi.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Pemerintah membentuk program Bantuan Sosial Tunai (BST) yang memiliki komponen untuk membantu masyarakat yang terkena dampak covid-19. Salah satu desa yang mendapatkannya yaitu Desa Cinunuk. Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk dukungan tokoh masyarakat secara emosional, penghargaan, instrumental, dan informatif dalam keberlangsungan ekonomi di Desa Cinunuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, triangulasi, observasi tidak berstruktur dan dokumentasi. Pemberian dukungan sosial tokoh masyarakat dibagi menjadi empat yaitu dukungan emosional dengan memberikan motivasi kepada masyarakat sehingga masyarakat ikut serta dalam pemecahan masalahnya sendiri. Bentuk dukungan penghargaan oleh tokoh masyarakat dengan memberikan apresiasi dan perhatian kepada masyarakat yang sudah bisa bertahan didalam kehidupan yang sulit. Bentuk penghargaan lainnya dengan memberikan reward kepada masyarakat berupa bantuan finansial serta bantuan sandang, pangan dan papan nya. Bentuk dukungan instrumental oleh tokoh masyarakat dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat. Bentuk dukungan informatif oleh tokoh masyarakat dengan pemberian informasi dengan mengumpulkan kader dan perangkat desa untuk membantu PRSE agar hidupnya bisa mengalami kemajuan. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Tokoh Masyarakat, Bantuan Sosial Tunai (BST), Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:56
Last Modified: 17 Apr 2023 05:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63431

Actions (login required)

View Item View Item