Nurhayatin, Titin and Regina, Frilia Shantika and Puspita, Yeni Cania (2018) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Jurnal Sastra Aksara, 6 (1). ISSN 2337-3695
|
Text
3. PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model problem based learning guna meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi dan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen kuasi. Desain pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menulis teks eksposisi dianggap pembelajaran yang sulit. Selain itu, minat siswa terhadap teks ini rendah karena menulis teks eksposisi dianggap tidak menyenangkan. Struktur dan kaidah teks eksposisi dalam penelitian ini mencakup enam aspek, yaitu (1) judul yang diproduksi mencerminkan teks eksposisi; (2) kelengkapan struktur teks (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat); (3) pengembangan gagasan bersifat induktif dan/atau deduktif; (4) ketepatan penggunaan kaidah kebahasaan; (5) penyajian argumentasi secara runtut sesuai dengan tema; (6) simpulan sesuai dengan argumentasi yang dipaparkan. Setelah diberi perlakuan berupa penerapan model problem based learning di kelas eksperimen, peserta didik mengalami peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi dan kemampuan berpikir kritis jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberi pembelajaran secara terlangsung.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 05:47 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 05:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63428 |
Actions (login required)
View Item |