PEMODELAN SISTEM DINAMIS PENENTUAN TARIF PROGRESIF UNTUK MENURUNKAN PENIMBUNAN KONTAINER DALAM PELABUHAN (STUDI KASUS : PT IPC TANJUNG PRIOK)

DZULFIQAR, RIZQAN AGISTRA and Yogi Yogaswara, DS (2023) PEMODELAN SISTEM DINAMIS PENENTUAN TARIF PROGRESIF UNTUK MENURUNKAN PENIMBUNAN KONTAINER DALAM PELABUHAN (STUDI KASUS : PT IPC TANJUNG PRIOK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
DZULFIQAR RIZQAN AGISTRA_193010122_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (843kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Indonesia Port Company (IPC) Cabang Tanjung Priok merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor impor maupun barang antar pulau yang dikemas dalam bentuk kontainer. Arus masuk barang pada pelabuhan tidak berbanding lurus dengan arus keluar barang, hal ini mengakibatkan terjadinya penimbunan kontainer di dalam pelabuhan. Penimbunan kontainer di dalam pelabuhan diakibatkan oleh tarif progresif yang rendah sehingga importir maupun eksportir menyimpan kontainernya di dalam pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tarif progresif yang sesuai dengan tujuan mengurangi penimbunan kontainer di dalam pelabuhan. Dalam penelitian ini akan dirancang beberapa skenario tarif progresif yang sesuai agar penimbunan kontainer di dalam pelabuhan tidak terjadi. Skenario yang dibentuk berlandaskan pada causal loop diagram dan stockflow diagram pada penimbunan kontainer dalam pelabuhan. Skenario yang dirancanag menggunakan pendekatan pemodelan sistem dinamis dengan penggunaan software VENSIM VENTANA PLE 9.3.4. Kata Kunci : Tarif Progeresif, Penimbunan, Causal Loop Diagram, Stockflow Diagram

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:25
Last Modified: 17 Apr 2023 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63418

Actions (login required)

View Item View Item