PENGARUH AKUNTABILITAS PUBLIK DAN TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH (Studi pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Wilayah Jawa Barat dan Banten Tahun 2020)

Shella Wana Mutmainah Supriadi, 184020124 and Dr. Ifa Ratifah, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH AKUNTABILITAS PUBLIK DAN TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH (Studi pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Wilayah Jawa Barat dan Banten Tahun 2020). Skripsi(S1) thesis, Unuversitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
draf-cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
draf-abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
draf-bab 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
draf-bab 2.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
draf-bab 3.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
draf-daftar pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
draf-lembar pengesahan.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empriris tentang pengaruh akuntabilitas publik dan transparansi terhadap kinerja pemerintah daerah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pemerintah kabupaten dan kota di Wilayah Jawa Barat dan Banten tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website resmi masing-masing pemerintah daerah. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 35 pemerintah daerah. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi beganda koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dan pengolahan data. Pemilihan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunankan purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 35 sampel penelitian yang merupakan pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan Banten. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan asosiatif. Analisis deskriptif untuk menjawab rumusan masalah yang terkait dengan masing-masing variabel yang diteliti, tanpa menganalisis hubungan antar variabel tersebut. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi. Selanjutnya, analisis asosiastif yang penulis lakukan meliputi pengujian hipotesis menggunakan uji (t) untuk mengetahui besarnya pengaruh akuntabilitas dan transparansi digunakan analisis regresi linearberganda, analisis korelasi dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Akuntabilitas Publik dan Transparansi memberikan pengaruh positif terhadap kinerja pemerintah Kabupaten dan Kota di Wilayah Jawa Barat dan Banten tahun 2020. Dengan demikian pemerintah daerah dengan tingkat akuntabilitas publik dan transparansi yang lebih besar cenderung memiliki kinerja yang baik. Kata Kunci: Akuntabilitas Publik, Transparansi, Kinerja Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 16 Apr 2023 07:22
Last Modified: 16 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63389

Actions (login required)

View Item View Item