ANALISIS RESIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE HAZARD AND OPERABILTY STUDY DAN FAULT TREE ANALYSIS PADA PT ANUGRAH MORTAL ABADI. (STUDI KASUS : PT.AMA)

CRYSANTIANTO, EDWIENTO W and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2023) ANALISIS RESIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE HAZARD AND OPERABILTY STUDY DAN FAULT TREE ANALYSIS PADA PT ANUGRAH MORTAL ABADI. (STUDI KASUS : PT.AMA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Crysantianto Edwiento Wibowo_183010108_Teknik Industri.pdf

Download (406kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dunia industri manufactur di Indonesia sekarang mencapai 29 ribu usaha atau perusahaan.salah satunya yang ada dikota bogor yaitu PT.Anugrah Mortal abadi. Setiap perkerjaan selalu ada resiko bahaya dalam bentuk kecelakaan kerja, banyak kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat dikurangi tergantung dengan dari jenis produksi, teknologi yang dipakai, lingkungan kerja serta denga kualitas menajemen dalam menciptakan kesalaman kerja yang aman.tujuan penelitian dibuat untuk mengetahui resiko kecelakaan kerja dan dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja pada area warehouse.metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi,wawancara kepada pekerja. Metode yang digunakan adalah hazard and operability study (HAZOPS) untuk mengklafisikasikan tingkat resiko kecelakaan kerja. Untuk mengetahui akar penyebab dari resiko kecelakaan kerja yang terjadi menggunakan metode fault tree analysis. Pada PT.Anugrah Morta Abadi didapat 9 resiko kecelakaan kerja 3 diantaranya mendapatkan resiko level extrim dan tinggi yang dijelaskan detail untuk dapat diketahui penyebabnya dengan menggunakan metode faultree analysis. Perusahaan dapat melakukan pelatihan tentang K3 untuk mencegah adanya penyimpangan dalam bekerja, dan dapat meningkatkan budaya kesadaran akan keselamatan dan kesehatan. Kata Kunci :Kecelakaan Kerja, Resiko, HAZOPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:27
Last Modified: 14 Apr 2023 05:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63311

Actions (login required)

View Item View Item